23/09/2017

My Spicy Spiral Bargello




Bermula dari ajakan sohibku Samrah Jamal untuk ikutan bareng kelas grup WA membuat Spicy Spiral Bargello patchwork dengan kak Finayunaldi Satar sebagai mentornya. Bentuknya yang unik seperti huruf S dengan warna berjenjang, membuatku tertarik untuk mempelajari cara membuatnya. 

Kain yang dibutuhkan adalah 8 macam warna/motif masing-masing berukuran 25cm x lebar kain. yang nantinya akan dipotong memanjang sesuai ukuran polanya. Saya memilih warna-warna cerah pelangi supaya lebih semangat mengerjakannya. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah set roller cutting, mat dan penggarisnya. 

Saat itu kami masih bingung cara memulai dan memotong kainnya, jadi kami berkunjung ke tempat Lisa Farida Satar untuk membeli kain yang dibutuhkan, Kami memilih kain batik bali karena pilihan warnanya yang beragam dengan harga terjangkau. Untuk membuat patchwork atau applique juga sangat cocok dan hasilnya sangat bagus jika menggunakan kain batik bali, 

Semua kain yang telah dipotong sesuai ukuran pola disambung dan dijahit memanjang. Tiap helai dinomori supaya sesuai urutan. 

Setelah kain disambung didapatlah lembaran kain yang baru. Kemudian akan dipotong lagi dengan penggaris khusus yaitu wedges rules 9 derajat.

*foto penggaris

Pada waktu itu saya dan Samrah belum memiliki penggaris wedges rules tersebut, dan masih bingung bagaimana cara memotong kainnya. Jadi kami berkunjung kembali ke tempat Lisa  untuk memotong kain bersama menggunakan wedges rules tersebut

Inilah potongan-potongan kain yang yang telah dipotong menggunakan wedges rules tesebut. kemudian  membawa pulang potongan-potongan tersebut dan dilanjutkan dengan menjahitnya di rumah. tak lupa dikasih koyo eh.... ditempeli stiker bernomor biar ga kebalik urutannya ^^.


Bersama Lisa menyusun urutan potongan kain di lantai untuk membentuk spicy spiral. Baru disusun belum dijahit saja sudah menyenangkan hati melihat warna-warna cerahnya ^_^

Mulai menyusun dari arah tengah ke ujung. Ternyata kedua bagian tengah saya saat disatukan tidak membentuk jenjang, jadi agak sedikit tricky, saya mendedel bagian ujungnya dan mengganti dengan ukuran kain yang lebih panjang 1/4 inchi. Ahh.... kurang ukuran incinya saja, bisa salah semua... uhukk....

Serunya menjahit potongan-potongan kain tersebut. Jarak kampuh jahitan 1/4 inch dan saya saat itu menggunakan magnet untuk pembatas kampuhnya (terlihat di foto :P). belakangan baru pakai tapak sepatu jahit 1/4 inch.

Almost finish....

Setelah bagian top atau bagian atas sudah tersambung semua dan membentuk huruf S, saatnya membuat backing atau bagian bawahnya. Saya memutuskan untuk mempertahankan pinggiran yang bergerigi, jadi saya tinggal menjahit kain backingnya saja dengan kain blacu mengikuti bentuk pinggir kain yang berundak tersebut. Tidak pakai batting lagi, langsung kain backing saja. Maunya pengen cepat selesai aja ... hehehe...

Alhamdulillah selesai, kemudian  setor ke kak Fina selaku host grup SS Bargello, dan bisa ikutan juga #parade_patchwork di grup CFC  ;)




Yang mau belajar bikin Spicy Spiral Bargello seperti ini, silakan japri saya ya sertakan no wa nya, nanti akan saya infokan ke kak Fina untuk dimasukkan ke grup whatsappnya. 

3 comments:

  1. Boleh minta no wa nya mba, aku suka menjahit juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Syarah, join facebook grup aja. ketik di pencarian facebook: Craftalova Fabric Club ya...

      Delete
  2. Assalamualaikum .. Kak aku join grub craftalova fabric grub tapi belum di konfir ya😢

    ReplyDelete