13/05/2013

Tutorial: Farida Bag


Sudah lama ga buat tutorial ni, :) ==Sebenarnya agak segan kalau dibilang tutorial, lebih tepatnya berbagi info cara membuat atau sharing practice,  coz i'm not so really expert but have willing to share what i know and what i learn to other, so other can have same enjoyment of handmade making as i do.^-^ == Tutorial kali ini adalah cara membuat tas sendiri yang bisa dipakai sehari-hari, bentuknya simpel, cara membuatnya tidak terlalu sulit, bentuknyapun manis,  dan saya berharap tutorialnya gampang diikuti. Yuk, mulai....!

Tutorial membuat tas farida (farida bag)
Membuat tas ini hanya perlu keahlian dasar menjahit menggunakan mesin jahit. Jahit pakai tangan juga bisa, kalau mau :P

Alat dan Bahan:
Alat: mesin jahit, benang yang sesuai dengan kain, jarum pentul, gunting, penanda kain (saya menggunakan water erasable pen), dan pola

Bahan:
untuk luaran: 1 macam kain motif  C (saya menggunakan kain katun linen dengan tema vintage), 1 macam kain polos A (kain katun linen polos warna hijau khaki);
untuk dalaman: 1 macam kain B (kain katun motif polkadot);
untuk pelapis: batting (saya menggunakan adhesive batting polyester 2 ons), adhesive interfacing, magnetic button, cotton tape, label (optional)

batting 2 ons
one side adhesive interfacing 

Cara membuat:
Pertama-tama siapkan polanya. Pola berupa file jpeg dan dapat didownload di facebook pagenya Craftalova. Print/cetak pola  di atas kertas ukuran A4.

(1) Potong pola yang telah diprint di kertas menggunakan gunting kertas. Perhatikan! pola berbentuk setengah, karena pola dipindahkan di atas lipatan kain. Perhatikan gambar di bawah. Lipat kain dan letakkan pola di atasnya dengan sisi  yang bergaris-garis tepat di lipatan kainnya, dan lebihkan  sebagai kampuh sekitar 1 cm di sisi yang lain.


(2) Setelah kain dipotong sesuai pola, maka bisa dilihat pada gambar, masing-masing dua potongan untuk A, B, dan C. Untuk strap, atau talinya bisa dipotong satu macam kain katun linen motif (C) dan satu macam kain polkadot (B) masing-masing 2,5 inch x 30 inch atau 7cm x 75cm.

(3) Potong juga pelapis battingnya persis ukuran pola (tanpa tambahan 1 cm ke luar), tapi tetap yang bagian bergaris pada pola diletakkan pada lipatan. Begitu pula, potong interfacingnya sesuai pola. Interfacing di sini yang saya gunakan biasanya mudah ditemukan di toko alat-alat menjahit, di tempat saya disebut 'kerah korea', mungkin di tempat lain ada istilah tersendiri, tapi biasanya interfacing ini dipakai untuk melapisi kerah baju atau pelapis jas (koreksi bila saya salah :)) Interfacing ini pada salah satu sisinya memiliki perekat/lem yang apabila akan dilekatkan pada kain harus menggunakan setrika. Interfacing saya gunakan  pada tas farida ini supaya kelihatan  lebih rapi dan memberi bentuk. pilih interfacing yang berbahan kain (woven) (sedikit lebih mahal memang) supaya tidak terlalu kaku.

Membuat tali tas (bag strap)
(4) Setelah semua kain dipotong, saya suka memulainya dengan membuat tali tasnya duluan. Setelah kain untuk tali tas dipotong  saya melapisinya dengan interfacing (1 bagian) dan batting (1 bagian). Interfacing dan batting dipotong dengan ukuran masing-masing 5cm x 73cm. Lalu dilekatkan pada salah satu bagian kain di sisi dalam kain. Lekatkan dahulu interfacing pada kain, baru lekatkan battingnya. Jangan sampai terbalik ya, bagian yang ada lemnya jangan sampai kena langsung oleh seterikaan.

(5) Kemudian temukan kedua sisi luar kain tali tas ini. Lihat pada gambar.

(6) Lalu jahit sebatas battingnya pada kedua sisi memanjang kain

(7) Begini hasilnya

(8) Lalu balik kain melalui lubang pada ujung tali tas. Gosok supaya rapi.

(9) Jahit lagi di kedua pinggiran sisi memanjangnya, dengan ukuran sekitar 0,7 cm dari arah tepinya


Membuat badan tas bagian luar
(10) bagian tali selesai, simpan dulu, kita lanjutkan ke bagian luar tasnya. Lekatkan interfacing dengan bagian yang berperekat dengan bagian belakang kain luaran. Gunakan setrika dengan panas maximal, tekan dan gosok, sampai interfacing menempel sempurna pada kain.

(11) Lakukan juga pada bagian kain luaran lainnya (kain A dan C)

(12) Lakukan lipatan pada bagian tengah atas kain A sesuai petunjuk garis pada pola, ke arah tengah. Tahan dengan jarum pentul. Lipatan agak sedikit mengarah ke bawah, sehingga bagian atasnya sedikit melengkung. Sedikit saja ya.


(13) Satukan potongan kain C ke atas potongan kain A seperti pada gambar di bawah ini. Semat dengan pentul, lalu jahit pada bagian yang bergaris merah pada gambar di bawah ini. 


lipat ke atas setelah dijahit maka jadinya seperti pada gambar di bawah ini

(14) di bagian belakangnya lipat ke arah atas kampuh atau kelebihan kain jahitannya.

(15) Lalu jahit tindas atas (topstitch) di bagian depan kain. seperti pada gambar

(16) Jika ingin menambahkan aksen seperti label, aplikasi, atau sulaman, bisa lakukan sekarang.

(17) Sekarang lekatkan batting yang berperekat ke bagian belakang kain. Gosok dengan setrika. Agar lebih melekat, bisa percikkan sedikit air di bagian yang ada lemnya, dan tekan setrika sedikit agak lama sampai batting melekat pada kain.

(18) Lakukan hal yang sama dengan kain A satu lagi dari langkah (12)-(17). Kemudian kedua potongan kain tersebut akan disatukan dengan mempertemukan bagian baik kain. Lihat gambar di bawah ini.

(19) Potong sedikit pita atau label 'brand' anda, letakkan ke arah dalam dengan menjahit sedikit ujungnya, seperti pada gambar.

(20) Pastikan bagian lipatan kedua potongan kain tersebut saling bertemu

(21) kemudian jahit sekelilingnya sesuai garis jahit, kecuali di bagian atas

(22) Balik jahitan.

(23) Rapikan

(24) Sekarang sematkan dengan jarum pentul dahulu tali tas yang telah disiapkan pada masing-masing ujung kanan dan kiri. Perhatikan arah pemasangannya (lihat gambar).

(25) Maka jadinya seperti ini. Biarkan dahulu.

Membuat kantong dalam
(26) Sebelum lanjut ke bagian dalaman tas, kita bisa buat kantong tas terlebih dahulu. Tapi ini opsional, kalau kamu mau pakai kantong atau tidak. di sini saya pakai kantong yang simple saja.
Siapkan kain motif B dan C dengan ukuran masing-masing  8cm x 14cm. Boleh tambahkan interfacing supaya lebih kaku, dengan ukuran 7cm x 13cm.

(27) lekatkan interfacing pada potongan kain C bagian belakangnya. gosok dengan setrikaan. Lalu satukan kedua potongan kain B dan C pada sisi bagusnya.

(28) jahit sekelilingnya, sisakan tidak terjahit pada salah satu sisinya sekitar 8cm, untuk membalik kain nantinya.

(29) Gunting sedikit pada setiap sudut kain, tapi hati-hati jangan sampai kena jahitan

(30) Balik jahitan melalui lubang terbuka tadi, rapikan, gosok lagi dengan setrikaan bila perlu. Lalu jahit sekelilingnya kecuali bagian atas kantong (sesuai garis merah, seperti pada gambar) pada salah satu kain dalaman (B) bagian bagusnya.
catatan: sebenarnya saya lupa menjahit kantongnya pada tahap ini, itu ada gambar kancing magnetnya, he he he :). tapi seharusnya kalau mau menambahkan kantong, pada saat sebelum kain bagian dalam dijahit. Kalau saya karena sudah terlanjur, jadi langkah2nya saya buat duluan di sini supaya tidak membingungkan urutan cara membuat tas farida ini.


Menjahit dalaman tas (bag lining)
(31) Sekarang kita buat bagian dalam tasnya. Satukan kedua potong kain B dengan bagian bagus kain saling berhadapan. jahit sekeliling pada bagian garis yang berwarna merah pada gambar, kecuali pada bagian atasnya dan sisakan sedikit terbuka pada bagian bawahnya. Gunanya untuk membalik kain nantinya.


Memasang kancing magnetik (magnetic button)
(32) Sekarang kita pasang kancing magnetnya (magnetic button). Siapkan sepasang kancing magnet dan dua potong kecil interfacing. Interfacing ini gunanya agar kain tidak mudah robek saat kita membuka tutup tas dengan kancing magnet ini.

(33) Tandai bagian tengah lipatan kain dalaman dan ukur dari bagian mulut atasnya sekitar 3 atau 4cm. Tandai juga di interfacingnya.

(34) Lubangi bagian yang sudah ditandai tersebut baik yang di interfacing maupun yang di kain.


(35) selipkan kancing magnetiknya dari arah bagus kain dalaman, tembus ke interfacing. Lihat gambar.

(36) pasang penutupnya dan tekan kuat-kuat kakinya dengan tangan ke arah luar/dalam untuk mengunci penutupnya.

(37) Begini jadinya

(38) Pasang bagian kancing magnet pasangannya di sisi dalam kain dalaman. Tandai pada kain, kira-kira tepat nanti jika kancing magnetnya dapat menutup sempurna.

(39) Lakukan hal yang sama pada sisi satu lagi seperti pada langkah 34, 35, dan 36. 

Menyatukan bagian luar dan dalam tas
(40) Masukkan bagian luar tas yang telah disematkan dengan tali tasnya ke dalam lubang potongan kain dalaman.
Note: maaf ya, gambar di atas kurang jelas, tapi bisa dilihat di gambar di bawah ini  setelah bagian luar tas dimasukkan ke dalam kain dalaman.

(41) Rapikan kedua mulut tas, semat dengan jarum pentul supaya rapi. lalu jahit sekeliling mulut tas sesuai garis jahit, (garis merah pada gambar)


(42) Jahit lagi pada bagian talinya supaya kuat. Saya malah memakai jahitan zigzag, biar mantap.

(43) Balik kain melalui lubang pada kain dalaman. rapikan.

(44) Jahit tindas atas (top stitch) di sekeliling mulut tas.

begini jadinya...

(45) Keluarkan kembali bagian dalaman tas, dan tutup lubang bagian bawah yang dipakai untuk membalik kain tadi dengan jahitan tak nampak (invisible stitch). Gunakan jarum tangan, jahit seperti anak tangga sehingga lubang menutup sempurna dan lebih rapi.

jadinya begini.

(46) Jika menggunakan water erasable pen sebagai penanda pola pada kain, maka akan terlihat bekasnya. Saatnya untuk menghapus coretan yang kelihatan, gunakan sedikit air dan usapkan ke kain dengan ujung jari, sampai warna pen menghilang.

(47) Rapikan. Gosok dengan setrika bagian dalamannya, juga bagian luarannya. Setrika juga tali tasnya.

(48) Masukkan dalaman atau bag liningnya ke dalam. Rapikan. 

(49) tadaaa..... jadi deh!

Selamat mencoba! 
Jika ada yang pertanyaan mengenai tutorial ini ataupun ada yang tidak dimengerti dari penjelasan di atas silakan isi di kolom komentar di bawah ini. terimakasih...:)

update: 10 Mei 2014
contoh kreasi yang menggunakan tutorial ini dari mba Woro Kanti Darmastuti

update: 23 February 2015
contoh kreasi dari Cinta Alexandria

update 17 January 2017: pola jpg Farida Bag. silakan mampir ke facebook page Craftalova atau ke google photos untuk mendownload pola tas ini. Mohon maaf, versi pdf tidak tersedia lagi ya. terimakasih.



79 comments:

  1. waaah,, kereen.. harus dicoba nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba Inas, nanti kalo udah jadi, kasi tau ya... he he :)

      Delete
    2. Infonya bagus, Sist! Thx. Untuk cari inspirasidesain atau model-model tas wanita bisa dilihat di sni: (KLIK DI SINI) desainnya bagus-bagus!

      Delete
  2. Waaaa... cantik bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttt... mau coba bikiiiin.. Mba saling follow blog yuuuk, ni blog saya http://riahidayah.blogspot.com/ ^^, mampir dan follow yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) terimakasih. yuk dicoba.^^ sudah difollow ya blognya.

      Delete
  3. aaak cantiknya mbakk.. blognya cakepp.. tutorialnya juga jelas.
    udah saya follow mbak :)b
    mampir juga ya kalo bersedia, masih acak-acakan :p http://11daisy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. akhirnya nemu tutorial diy yang jelas utk jenis tas ini. makasih mbak Ayu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba Heni. semoga tutorialnya mudah diikuti ya...

      Delete
  5. ini bagus mbak Ayu,,, kapan2 boleh coba laah.. :D
    pernah nyoba juga yang tutorial pouch-nya dan berhasil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiy... :) iya, dicoba ya..^^

      Delete
  6. makasih teh buat tutorialnya,,, ^_^

    semangatt untuk mencoba...

    salam kenal untuk semuanya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.... terimakasih ^_^

      Delete
  7. Mauuuu... makasih ilmunya, mba

    *berharap suatu saat nanti ada give away tas kayak gini, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, ide bagus juga mba buat giveaway :)
      *pikir-pikir.....

      Delete
  8. keren mb,,,
    mksh tutonya y,,
    ngomong batting fungsinya ap?? dan tlng dskripsikan bntukx cz agak bngung heheh biar gmpang nyarix dsni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you... :)
      batting di sini fungsinya sebagai pelapis, supaya tasnya kelihatan tegap dan berbentuk.
      kalau bentuk batting yang saya gunakan ini, hmmm mirip-mirip kain felt kelihatannya, tapi lebih kuat dan lebih padat. Biasanya digunakan untuk membuat quilt. Kalau ga ada batting bisa diganti dengan busa angin atau dakron lembaran.

      Delete
  9. Cakep mba tasnya...TFS...kapan-kapan mau coba deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba neti. iya, yuk dicoba...^^

      Delete
  10. wahh baguss (y)
    ka cari bahan yg motif yang unik kaya yang dibuat kaka dimana? Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mba hana. kain katun linen motif2 spt ini saya dapatnya impor korea. jalan-jalan ke fb pagenya craftalova aja he he he. disitu buka pre order untuk pesan kain2 cantik untuk buat tas :)

      Delete
  11. bagus banget mba. tutorialnya juga jelas stepnya. kenalin saya ayu juga :D sama-sama gabung di "ibu-ibu hobi craft" ...hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba ayu ^_^. iyaaa, asyik gabung di IIHC.... :D

      Delete
  12. Mba.. Yg model ini kalo pakai zipper gmn cara pasang zippernya ya?.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tas ini modelnya pipih, kalau mau pakai zipper, caranya hampir sama seperti membuat zipper pouch, tapi caranya jadi sedikit berbeda. mulai di langkah 18, pasang zipper seperti pada tutorial zipper pouch. kira-kira seperti itulah. sedikit modifikasi jadinya untuk pasang tali tasnya. ^^

      Delete
  13. Mba.. Yg model ini kalo pakai zipper gmn cara pasang zippernya ya?.. ^^

    ReplyDelete
  14. Mbak... saya tertarik dan jadi pengen bisa bikin sendiri.. tapi saya gak bisa jahit... huhuhuhu.... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. mula-mula tertarik, lalu mencobanya, dan kemudian jadi bisa....hehe...^^

      Delete
  15. Keren Mbak.. Cari batting dimana ya mbak? pengen bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba liest.^^ kalau batting seperti yang saya gunakan boleh cek di sini https://www.facebook.com/photo.php?fbid=519914438093831&l=ea4c3c54a7

      Delete
  16. Mba Ayu, itu batting yg di foto spt kain felt belinya dimana ya? nama Indonesianya apa? aku kesulitan cari disini. sama plastic bottom juga dimana ya carinya
    Di reply ya mba
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. batting seperti yang saya gunakan itu punya impor korea, mba. jarang dijual di toko2 lokal kita. bisa beli online. di saya juga ada. link ke fb shop saya untuk pemesanannya https://www.facebook.com/photo.php?fbid=519914438093831&l=ea4c3c54a7
      kalau mau batting lokal, kita biasanya nyebut dakron press. ada bbrp tempat yang saya tau bisa mendapatkannya. olshop juga. email saya ya utk info. thank you

      Delete
  17. Sangat cantik. Terima kasih kerana berkongsi ilmu ya Puan Ayu.

    ReplyDelete
  18. Mb ada tutorial buat pasang frame knot? Saya frustasos belajar pasang frame knot :'( :'( gag bisa2 nih mb,, alhasil saya menghabiskan bnyk kain buat kelinci percobaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga ada tuto pasang frame knot mba.

      Delete
  19. Kereeenn.. kalo mau belajar praktek lgsg d mana yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. join grup fb Craftalova Fabric Club, mba. nanti banyak info workshop dari para member yang mengadakan pelatihan, bisa dilihat daerah2 mana aja yang ngadain yang mudah2an terjangkau dari tempat tinggalnya.

      Delete
  20. Terimaksih informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  21. mba, nyari2 batting susah banget ya disini... ada info yg jual batting ga mba? makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. join grup fb Craftalova Fabric Club, mba. ada info2 dari para member dimana bisa membeli bahan dan alat berkreasi. atau bisa email saya ke ayuovira at gmail dot com. nanti saya referensikan olshop-olshop yang jual batting

      Delete
  22. Mbak grup fbnya kok nggak ketemu ya ? hehee ... bisa minta link.nya aja ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik join di sini ya
      https://www.facebook.com/groups/CraftalovaFabricClub/

      Delete
  23. Bgs2 ya mba buatannya. Kamu kreatif sekali hehee. Prngen bgt klo ada yg mo buatin utkjumlah byk Utk bisnis handmade ku skrg. Yg minat kerjasama dan bisa dipercaya utk jangka lama bole hub. Saya yah di zuz4n@yahoo.com or hp ke 081297777816

    ReplyDelete
  24. Pengen banget coba2 bikin tas.
    tapi belum punya mesin jahit,
    dan belum sempet karena waktu kerja.
    jadi urlnya di bookmark dulu.
    terimakasih tutorialnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba... kapan2 dicoba ya... :)

      Delete
  25. Terimakasih mbak untuk sharing tutorialnya.. Sangat bermanfaat.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
  26. Farida Bag itu nama brand sendiri ya mbak, . ??? kereeeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, hanya nama tasnya aja ^_^

      Delete
  27. Tutorial nya detail bgt mbak, makasih byk ya, jd semangat mencobanya . Sukses ya mbak

    ReplyDelete
  28. harus belajar menjahit pakai mesin dulu ya mba sebelum memulai membuat tas

    ReplyDelete
  29. wah , bagus banget mba tas hasil buatan nya, wajib nyoba nih!

    ReplyDelete
  30. mbaa bgs bgt tas nya:) mba buat tutorial untuk dompet dr kain kanvas dong.pngen buat tas cople sm dompetnya. tq mba. mudah2an request ku di kabulin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mama danish. tutorial dompet sudah ada. coba cek sini Tutorial Flova Wallet

      Delete
  31. Terima kasih untuk tutorialnya. Sangat membantu.

    Kalau saya mau dinding tas nya lebih kaku, pakai kain pelapis apa ya? Saya rencana mau coba buat tas dengan bahan kain luar dari satin, jadinya agak tipis, dan saya ingin hasil jadi tasnya bisa kaku di luar tapi empuk di dalam (furing dalam dilapis busa?). Saya sudah coba tanya ke toko mana2 kok kain kerasnya jenisnya rata2 sama semua. Tipis tapi tidak terlalu kaku.

    Dan untuk bagian bawah tas nya supaya bisa lebih kaku lagi, pakai apa ya? Waktu tanya ke toko disarankan pakai busa hati, apa betul? Lalu menempelkan busa hati ke kainnya bagaimana ya? Soalnya kan ga ada lem/perekat nya.

    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kesan kaku pakai kain keras yang ada perekatnya, kalau ke toko alat jait bisa tanya kain kerah atau kain kerah jepang.
      kalau pakai busa ati untuk alas tas menempelkannya ke kain bisa gunakan lem yang khusus dioles kain. (namanya saya lupa, bisa ditanyakan ke fb os Ida Craft). tapi saya jarang menggunakan busa ati.

      Delete
  32. maaf klo jahit tangan pake tusuk yg mana y mb?
    apa ada tutorial yg jahit tangan?
    thx

    ReplyDelete
  33. Salam mba, saya masih newbie, saya tertarik ingin membuat faridabag, hanya tidak bisa menemukan polanya di fp craftalova. Bisakan memberikan link langsung ke gambarnya? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Ass
    Mbak saya mau tanya kain batting yg mbak pake kira" tebalnya berapa ya mbak terus bisa gk diganti kain staplek dan kain katun linen yang polos dan motif itu kira kira beli dimana ya sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
  35. Mba, boleh tanya mesin jahitnya apa ya..

    ReplyDelete
  36. mba salam kenal, boleh minta info dimana jual batting yg ada lem nya/ untuk vlislin, yg facebook sudah tidak ada..trimakasih

    ReplyDelete
  37. Mb,keren bgt ,penjelasannya bagus bgt

    ReplyDelete
  38. Mba mau polanya donk sudah cari d grup tapi belum ketemu..

    ReplyDelete