15/01/2013

Tutorial: Boneka Beruang Imut


Hai... hai.... jumpa lagi di tahun 2013. Semoga membawa semangat baru untuk terus berkarya. DIY project kali ini adalah membuat boneka beruang nan imut dari kain katun. Buat yang suka boneka teddy bear, pasti asyik deh kalau bisa buat sendiri. Yuk mulai...

Tutorial membuat boneka beruang imut (cute little teddy bear)
Membuat boneka beruang ini tidak memerlukan mesin jahit, bisa dilakukan dengan menggunakan jahit tangan saja. Ukurannya mungil, dapat digenggam tangan.

  
Alat dan Bahan
Alat: jarum tangan dan benang; jarum sulam dan benang sulam untuk menjahit mata, hidung, dan mulut; gunting kertas untuk memotong pola di kertas, gunting untuk memotong kain, bolpoin/pensil untuk menjiplak pola, water erasable pen (optional) untuk menggaris panduan jahitan

Bahan: kain (kain berbahan apa saja boleh, di sini saya menggunakan kain katun), kapas dakron untuk mengisi boneka,

Cara membuat
Pertama-tama siapkan pola boneka beruangnya. Pola bisa didownload di facebook fan pagenya Craftalova di sini. Pola berupa file PDF dan dapat diprint di atas kertas ukuran A4.  Jika kamu tidak memiliki program pembaca file PDF, download dulu Adobe readernya di sini.

(1) Potong pola di kertas/karton menggunakan gunting kertas (jangan menggunakan gunting yang sama untuk  memotong kain, ya...^^). Perhatikan, ada satu bagian pola untuk dua potong bagian elemen boneka, seperti tangan, telinga, kaki, dan tapak kakinnya. Letakkan pola di atas kain bagian dalam, jiplak ke atas kain dengan bolpoin atau alat tulis lainnya, lalu gunting kain sesuai potongan pola.

(2) Pertama yang dibuat adalah bagian kepalanya. Tumpuk potongan bagian kepala depan dengan bagian kain yang bagus saling berhadapan. Jahitan yang digunakan di sini adalah tusuk jahitan tikam jejak (buat pemula yang belum tahu apa itu tusuk tikam jejak, bisa dicari di sini)

(3) Kemudian jahit salah satu sisi bagian belakang kepala.

(4) Jahit bagian telinganya. Lalu balik jahitannya

Lalu sematkan di sisi kiri dan kanan bagian belakang kepala. Perhatikan gambar. Boleh dijahit sedikit atau disemat jarum pentul, agar telinga tidak bergeser saat nanti kedua bagian kepala depan dan belakang disatukan.

(5) Kemudian satukan kedua bagian kepala depan dan belakang

lalu balik jahitan melalui bagian terbuka di leher.

(6) Lanjutkan menjahit pada potongan lengan, sisakan terbuka untuk membalik jahitan nantinya.

lakukan hal yang sama untuk potongan badannya, sisakan terbuka pada bagian lehernya

(7) Lalu jahit bagian kakinya, pada bagian telapak kaki, jahit melingkar mengikuti bagian bawah kaki


(8) Balik semua jahitan

(9) isi semua bagian yang sudah terjahit dengan kapas dakron melalui bagian terbuka yang tidak terjahit. Di sini saya menggunakan bantuan sumpit bambu favorit saya untuk memasukkan kapas dakronnya.

(10) Setelah semua potongan boneka diisi kapas dakron, tutup bagian terbukanya dengan jahitan tak tampak atau invisible seam. Ingat, hanya bagian tangan dan kaki saja ya! Bagian leher pada kepala dan badan nanti saja. Perhatikan gambar di bawah ini...



(11) Semua potongan boneka telah selesai dan siap untuk di satukan.

(12) Tetapi sebelumnya, mari kita mempercantik bagian kepala boneka beruang ini terlebih dahulu. Siapkan jarum dan benang sulam untuk membuat hidung dan mulutnya. Di sini saya menggunakan benang warna coklat. Tusuk dari arah leher ke hidung, lalu buat hidung dan mulutnya, seperti pada gambar. Gunakan lagi tusuk tikam jejak. Perhatikan arah tusukan. Setelah membentuk hidung dan mulut, akhiri dengan menusukkan       jarumnya ke arah leher lagi, lalu matikan benang.




(13) Kemudian membuat bagian matanya. Karena waktu membuat tutorial ini saya tidak mempunyai mata boneka, saya mengakalinya dengan menggunakan benang sulam warna hitam. Caranya sama dengan membuat hidung, mulai tusuk jarum dari dalam leher ke arah mata, buat tusukan silang kecil dua kali pada mata kanan, lanjut ke mata kiri, lalu akhiri dengan mematikan benang yang keluar ke arah leher.


(14) Sekarang menyambung bagian kepala dan badan. Gunakan benang jahit biasa, tusukkan pada leher badan dari arah dalam lalu ke arah leher kepala.


lakukan memutari leher, jahitan seperti anak tangga atau invisible seam, seperti pada gambar. lalu tarik, sehingga jahitan tidak terlihat.


(15) Lanjutkan dengan memasang bagian lengannya. Pertama tusukkan pada badan dari salah satu arah, sejajar ke bagian satunya lagi, lalu pasang lengannya. Tanpa memutus benang, kembalikan arah tusukan untuk memasang lengan satunya lagi. Lakukan hal yang sama pada bagian kakinya juga. Maaf saya tidak mengambil gambar bagian kakinya, tapi cara memasangnya sama dengan memasang lengan. Perhatikan bahwa nantinya lengan dan kaki beruang dapat digerak-gerakkan, tapi ke atas dan bawah saja.




(16) Fyuuh....sudah jadi! Say hi,to this cute little teddy bear!



Silakan kunjungi dan like Facebook Fan Page Craftalova di sini ya untuk mendownload pola/pattern boneka beruang berupa PDF file (psst... file jpeg juga ada lho)  ^__^
Jika ada yang kurang jelas, boleh tanya2 ^^

Selamat mencoba!

21 comments:

  1. Great job Yu...suka liatnya...pulkam sekali lagi harus gantian belajar ama Ayu utk ngurusin blog...heheheh...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak Irai...., jadi tambah semangat nih.... he he he...^^ beres kak, ditunggu pulkamnya....^^

      Delete
  2. lucu banget hasilnya...
    bisa di coba nih..

    ReplyDelete
  3. wah ini yg ku cari2 mbak.... tutorial membuat boneka, tengkyu ya mbak.....

    ReplyDelete
  4. wah hebat nih, bisa jadi pilihan untuk tugas prakarya,,,, makasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba fitri, sama2. dicoba yah...^^

      Delete
  5. Cute bangeeeett... Boleh tanya mba, beli kapas dakronnya di mana ya? Pengen nyoba deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapas dakron bisa beli di toko alat-alat jahit atau toko yang menjual alat dan bahan prakarya dari flanel.

      Delete
  6. Assalamu'alaikum. Salam kenal mba ayu. Saya yang belum bisa menjahit ini seneng banget liat tutorial ini. Semoga saya bisa menyelesaikan boneka beruang yg unyu ini :D

    ReplyDelete
  7. lucu banget mbak, jd kepingin nyoba juga :D

    ReplyDelete
  8. Gaak nemu polanya kak :"" fufu

    ReplyDelete
  9. Kakak... enggak nemu polanya :((

    ReplyDelete
  10. mbk, pattern d FP gak bisa dbuka nih.. help...

    lg mupeng bngt bikin ini

    thx

    ReplyDelete
  11. Lucu banget bonekanya, makasih tutorialnya kak, bisa juga kunjungi gambar-gambar boneka beruang berikut ini Jual Boneka Beruang

    ReplyDelete