21/10/2013

Tutorial: Sweet Rose Laminating Tote Bag



Sudah lama tidak sharing tutorial ^^, kali ini masih dengan cara membuat tas yang simpel, gampang dibuat dan tetap maniss, apalagi kalau bukan tote bag, atau tas sandang bahu. Karena sedang 'suka' dengan kain laminating, maka tutorial membuat tas kali ini bahannya kain laminating atau waterproof. Untuk membuat tote bag lumayan tebal dan kuat, hasilnya pun 'wow'. Rasakan deh bedanya, seperti tak mau berpaling kembali ke katun biasa, hehehe. Cara membuatnya sama saja dengan kain biasa, hanya ada sedikit perlakuan khusus yang berbeda, yaitu menggunakan tapak sepatu mesin jahit yang anti lengket. Yuk, ikuti cara membuatnya.



Pertama-tama siapkan bahannya. Yang terutama mesin jahit ya dan segala perlengkapan menjahit, seperti gunting, atau roller cutting dan matnya (optional), penggaris, water erasable pen atau pensil. Jarum jahit yang saya gunakan adalah jarum untuk menjahit bahan jeans atau bahan tebal yaitu yang bernomor 18.

Bahan tasnya yang mesti disiapkan adalah 
  • 0,5 yard (lebar 45cm) kain laminating (saya menggunakan kain katun linen laminating) sebagai luarannya (outer), 
  • 0,5 yard (lebar 45cm) kain katun polkadot sebagai daleman tas (lining). 
  • 1 yard (90cm) tali tas yang nanti dibagi dua
  • benang jahit yang sesuai warna,  -- saat membuat tutorial ini kebetulan saya tidak punya benang biasa warna pink yang saya inginkan, jadi saya menggunakang yang ada saja saat itu, benang warna merah (untuk jahit di dalamnya) dan benang khusus 'hand quilt' yang warna pink untuk top stitchnya. --
  • kancing magnet (optional)
  • label (optional)


Buat pola atau ukur kain dengan penggaris sesuai dengan gambar bagan pola di atas. Sisakan di pinggirannya 1cm sebagai kampuh, atau batas jahit dari pinggir.
  • (A) kain laminating bagian luar 2 potongan dengan ukuran 45cm x 45cm
  • (B) kain laminating bagian dalam atas 2 potongan dengan ukuran 45cm x 10cm
  • (C) kain katun dalam bawah 2 potongan dengan ukuran 45cm x 37cm
  • tali tas 2 buah dengan ukuran panjang masing-masing 45cm atau 50cm.


Setelah kain laminating dipotong mungkin ada lipatan atau kerutan yang tak diinginkan. bisa dirapikan dengan menyeterikanya dengan setelan panas maximum. Untuk bagian belakang kain laminating yang tidak terlaminasi bisa digosok langsung di atasnya.

tapiiiii, hati-hati, kalau menggosok di bagian atas sisi kain yang ada laminasinya. pakai kain lain sebagai alas saat menggosoknya ya....

Satukan masing-masing bagian B ke bagian C pada salah satu sisi atasnya dengan ukuran yang sama yaitu sisi 45cm. Kedua kain yang bagian bagus saling berhadapan. Usahakan jangan menggunakan jarum pentul, tapi gunakan penjepit. bisa penjepit khusus kain, jepit jemuran, jepit kertas, atau jepit rambut. Karena jika menggunakan jarum pentul untuk menyemat, dikhawatirkan akan menimbulkan bekas lubang jarum pada kain laminatingnya. 

jahit bagian di sepanjang pinggiran yang ditunjuk oleh garis biru putus-putus di atas. 1 cm dari sisi pinggirnya.

sampai sini saya masih menggunakan tapak sepatu jahit yang biasa, belum diganti, karena tidak mengenai lapisan yang licinnya.

bentang lurus kedua bagian kain (B dan C) yang telah dijahit tadi, dan di bagian belakang yang ada kampuhnya dilipat ke arah atas untuk jahit tindas.

Jahit tindas (top stitching) di bagian atas seperti pada gambar. Ganti tapak sepatu jahitnya dengan yang tapak beroda agar memudahkan menjahit kain licin seperti kain laminating ini. bisa juga menggunakan tapak teflon, tapi saya hanya punya tapak roda ini.

bagian beroda di tapak sepatu roller foot ini memudahkan jalannya jahitan untuk menjahit bahan seperti kain laminating, plastik, maupun kulit. 

Begini hasilnya setelah dijahit tindas atas tadi.



Sekarang memasang tali tasnya di kain bagian A. Letakkan di atas bagian bagus kain laminitatingnya seperti pada gambar di atas. Jepit untuk menahannya.

Saya menggunakan ukuran dari tepi 11 cm. Usahakan seimbang ukuran dari arah kiri dan kanannya.

Jahit dulu ujung talinya supaya mantap. saya menggunakan jahitan zigzag supaya kuat.

Sekarang satukan kain outer bagian A dengan kain B+C nya dengan bagian bagus saling berhadapan. Ujung atas kain B sejajar dengan ujung atas kain A. 

Jepit untuk menahannya.

jahit di sepanjang garis biru putus-putus pada gambar di atas, dengan jarak 1cm dari pinggir. (di sini saya menggunakan tapak sepatu jahit yang biasa)

bentang potongan kain yang telah dijahit barusan. Lakukan langkah yang sama dengan potongan kain sisi satunya lagi. 

Tumpuk di atasnya dengan bagian bagus saling berhadapan.

Pastikan lipatan jahitan bagian depan dan belakang sejajar.

kemudian jahit sekelilingnya dengan jarak 1cm dari pinggirnya. 

saya lupa memfoto bagian gambar keseluruhannya, jadi saya tambahkan bagan gambar saja untuk menjelaskan. (bagannya ga mirip, tapi kira2 seperti itulah ^_^)jahit sekeliling dan sisakan 20cm sebagai lubang pembalik pada bagian liningnya.

Kemudian pada setiap sudutnya, lipat seperti pada gambar di atas. ukur jarak 10cm pada bagian yang akan dijahit. Bagian ini akan menjadi lebar bagian bawah tas.

Jahit pada bagian yang digaris

Lalu gunting dengan jarak 1 cm dari batas yang dijahit tadi. lakukan pada semua sudut.

Balik jahitan melalui lubang di bagian lining tadi

Rapikan.

Jika ingin menambahkan kancing magnet, sekarang saatnya. tandai bagian tengah di bagian B. 

Cara memasang kancing magnet tidak akan saya paparkan di sini. Silakan klik di postingan tutorial saya yang lain mengenai cara memasang kancing magnetik.  

Bagian ini adalah optional, boleh pakai atau tidak. saya menggunakan plastic bag bottom sebagai lapisan bawah tote bag ini. ukurannya disesuaikan dengan lebar dan panjang bagian bawah tasnya, yaitu 10cm x 33cm.


Masukkan melalui lubang yang untuk membalik jahitan tadi. *ada cara lainnya untuk memasang bag bottom ini, tapi saat itu mendadak baru terpikir untuk memasang bag bottom, jadi ini cara instannya saya saja ya...* ^_^

Lalu tutup lubang pembalik jahitan di bagian lining yang masih terbuka tadi dengan jahitan som tusuk tangga, supaya rapi.

Masukkan bagian lining tas ke dalam dan lipat di bagian mulut tasnya.



Pasang kembali tapak sepatu beroda (roller foot) untuk jahit tindas sekeliling mulut tas. Terkadang bisa tersendat saat menjahitnya, saya biasanya memoles kain laminatingnya dengan sedikit bedak supaya lancar kembali. Gunakan jarak jahitan yang lebar supaya lebih bagus. ingat, jangan sampai salah menjahitnya, karena kalau salah terus didedel, maka lubang bekas jahitan akan kelihatan. 

Ini penampakan setelah jadinya. Sedikit perbedaan tampilan karena beda tempat saat pemotretan tutorialnya. yang ini berada diluar ruangan dengan cahaya alami matahari sore.

Ingin menunjukkan kalau tas ini waterproof, sudah disemprot air, kelihatan ga di fotonya?

Ini penampakan bagian dalamnya.

"Made only for you - P R I C E L E S S"  label.


Mudah-mudahan tutorial ini mudah diikuti. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan. Selamat mencoba ^_^


42 comments:

  1. rapi sekaliiii! mau nyoba ahhh:) i like your blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) dicoba ya mba, saya pengen liat juga. he he he.
      Love your blog too mba regina, full of inspiration...:)

      Delete
  2. wooow... cantiiik bgt tasnya, paduan warnanya aq suka bgt deh... terima kasih tutorialnya sdh jelas bgt, terinspirasi unt membuatnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba rie... nanti kalau sudah jadi kasi liat saya yaa... ^_^

      Delete
  3. Mba Ayu, boleh tanya ga? Mba pake mesin jahit merek apa? Pernah ada masalah ga? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya singer flower yang portable itu, ga ingat nomor berapa tipenya (2880 kalau ga salah). dulu pernah ada masalah karena jahit bahan tebal, jarumnya jadi ga pas. panggil teknisi singer ke rumah, beres. sudah bagus kembali sampai sekarang. waktu jahit laminating tote ini pas dibagian lipatan yang tebal saya jahit pelan2.

      Delete
  4. aaah suka banget tiap kali postingan mba ayu muncul. kreasi nya selalu oke. apalagi photoshot tiap kreasi nya, jatuh cinta deh sama tas yang digantung di dahan pohon itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiii mba Dilla,^_^. saya juga suka kreasi2nya mba Dilla yang selalu ceria.
      kalau saya jait yang simple2 aja mba, untuk melengkapi hobi motret saya. lho...? he he he...^_^

      Delete
  5. Dear Mba ayu,, keren banget sih karya-karyanya,, :)
    jadi pengen ikutan Buat deh,, :)
    ada Workshopnya ga mba?? mau donk ikutan :)

    Aku Lilie

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk... mba Lilie coba buat. ^_^. terimakasih idenya untuk buat workshop, kejauhan ga kalau saya buat workshop, saya tinggalnya di banda aceh, he he he.... :)

      Delete
  6. sist bisa tanya buat label nya itu dmna y sist?
    apa bisa pesan k sista?

    ReplyDelete
    Replies
    1. label yang saya gunakan di tas ini ready made, mba.

      Delete
  7. Bagus bagus postingannya..., btw...boleh tanya gk; kain katun linen laminating mudah dicari gak di pasaran...? Dimana sy bisa beli...?
    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai saat ini saya taunya ada beberapa olshop di FB yang jual kain katun linen laminating, rata-rata yang jual kain katun impor ataupun katun linen ada juga jual yang laminatingnya. kalau di pasar lokal belum pernah dengar. kalau di FB shopnya Craftalova ada juga, tapi mesti pre order dulu. kalau mau lihat-lihat bisa cek di sini https://www.facebook.com/media/set/?set=a.463146553770620.1073741842.365060573579219&type=1&l=d088d94b6e

      Delete
  8. i like it sista bsa jd inspirasi nih

    ReplyDelete
  9. wah bagus banget mbak...jadi pengen coba...
    kain katun laminating itu yang licin itu ya mbak..??? disini ada sih kayaknya
    kalau jahitnya pake tangan bisa gak ya mbak..?? pake tusukan apa ya kira2??
    belum punya mesin soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih... :)
      iya licin. di salah satu permukaan sisinya berlapis plastik laminating.
      saya belum pernah coba jahit pakai tangan untuk kain jenis ini.
      tapi kalau mbak Indah mau coba, saya rasa bisa pakai tusuk tikam jejak. gunakan jarum yang agak gede dan baru, spy lebih tajam dan enak jahitnya.

      Delete
  10. mbaaa, karya-karyanya sungguh menginspirasi. saya suka :))
    jadi kepingin nerusin karya-karya sederhana saya, karena masih belum punya mesin jahit lebih tepatnya mesin jahit warisan ibu masih harus diperbaiki, jadi saya iseng-iseng bikin tas, kotak pensil tapi masih dijahit manual pakai tangan, hasilnya mesti mencong sana mencong sini tapi sayaa bahagia bisa memakai barang-barang buatan sendiri :))) dan syukur alhamdulillah sedikit ada puji pujian (hehehe) dari teman2 maupun dosen-dosen saya. terima kasih ya mbak, semoga saya bisa berkarya lebih baik baik lagi, bisa dinikmati oleh masyarakat di sekitar saya. terima kasih saya ucapkan sebanyak-banyaknyaa :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mba Dian, terimakasih kembali.. ^^

      Delete
  11. mba kalo mau beli kain motif bunga gitu dimana ya?motifnya lucu ga pasaran mba sedangkan d daerah saya motifnya gitu2 aja mba

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat sekali mbak ilmunya. Terima kasih sudah membagi ilmu kepada kami semuaa :)

    ReplyDelete
  13. Tq ye kak share tuto ni...st suke sgt...

    ReplyDelete
  14. wah keren :D
    lain kali mau coba juga ah

    ReplyDelete
  15. wah keren mbak, kain laminatingnya oke bgt kayaknya.
    tanya dong mbak: kalau jahit tas gini harus pakai benang khusus kah? soalnya kan harus super kuat tasnya, apalagi kalau buat bawaan yg berat2
    Maturnuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba Wulan.
      pakai benang jahit biasa mba,. benang astra atau tiger juga bisa. udah kuat itu. atau pakai benang nylon. kalau saya pakai benang quilt supaya lebih mantap.

      Delete
  16. mba, beli plastic bag bottomnya dimana? craftalova jual nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jual mba. japri saja ya. karena sering kosong. maaf, baru terlihat komennya setelah 2 tahun... ^^

      Delete
  17. mba buat harga kain linen nya per meter brpa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisaran harga linen import antara 100rb - 200rb per meter atau yard

      Delete
  18. Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
  19. kak boleh tau gak itu klip penjepitnya beli dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klip penjepit bisa dibeli di olshop fb Ayaran Indar

      Delete
  20. Mbak ayu, q interest bnget ma hasil karya mb ayu. Boleh bagi tips tutor tote bag yang pake kain lapis busa spun bond?! Saya coba otak atik kok agak bingung cara baliknya. Soalny sy pake kain kanvas+spun bond+kain tipis. Nah, waktu bisa balik, harus pake jahitan double. Dan mesin saya kurang bisa neken n gak muat kalo dilipat 2x. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih ^^. saya jarang menggunakan lapis busa spunbound. karena kurang puas dengan hasilnya. tapi memang menjahit bahan tebal seperti kanvas apalagi yang sudah diberi pelapis tidak semua mesin jahit mampu.

      Delete
  21. gagal fokus ke label "priceless"nya. boleh tau itu bisa dibeli di mana mbak?

    ReplyDelete