26/09/2013

Bonjour Paris Sling Bag

photo by ayu ovira 2013

Lagi suka dengan tema yang berbau Paris... Ini salah satu sling bag yang baru saja kubuat. Kainnya adalah katun linen dengan panel yang sudah berbentuk potongan gambar. Kain ini adalah desain dari Cottonvill Creative yang dirilis bulan Juli 2013 yang lalu. Kebetulan ukurannya pas untuk membuat sebuah sling bag kecil ini. Tinggal pilih saja mana yang mau digunakan. Saya menggunakan 2 buah potongan untuk bagian depan dan belakang tas. Untuk lining/dalemannya menggunakan kain katun.

photo by ayu ovira 2013

Persiapan bahan-bahannya. Untuk pelapisnya saya menggunakan adhesive batting 4 ons, biar kelihatan tegap. Rencananya untuk tali sling bagnya menggunakan tali 'ready made' dari kulit. Tapi di tengah perjalanan akhirnya berubah pikiran, menggunakan tali katun biasa aja. Gambar di bawah ini sudah terlanjur difoto :P
photo by ayu ovira 2013

Agar tali katunnya tambah manis ga polos begitu aja, saya tambahin dengan tusuk jelujur menggunakan benang sulam 'rainbow'. benangnya cukup tebal. kayanya cocok ni kalau dipadukan. Benangnya mirip benang untuk rajut kali ya, tapi ini benang sulam. and i love it...!
photo by ayu ovira 2013

Untuk bagian mulut tas, saya menutupnya dengan bisban (bias tape) yang senada, dan cukup puas dengan hasilnya. Tas jadi kelihatan lebih rapi. ehm... Untuk menahan tali tasnya, saya pasang dengan menggunakan 'rivet button'. Penampakannya jadi antik gitu, ditambah lagi dengan hiasan gantungan rantai dan charm berbentuk menara eifel dengan warna antik yang senada.
photo by ayu ovira 2013

Untuk menambah aksen, di bagian depan tasnya saya pasang label kulit yang 'ready made'
*belum tahu  dimana yang bisa tempa begini kalau untuk cetak logo sendiri... :(
photo by ayu ovira 2013

Ini bagian belakangnya.
photo by ayu ovira 2013

dan ini penampakan bagian dalamnya. Ada penutup kancing magnet. Liningnya menggunakan kain katun tipis bermotif.. Ada yang bilang, sayang banget kalau dalemannya tas pakai kain katun, kan ga ada yang liat juga. Iya sih, tapi saya suka jika dalaman tas juga dibuat sama bagusnya, meskipun ga ada yang lihat. sama seperti orang, ada inner beautynya.... cieee... :)
photo by ayu ovira 2013

well, sekian dulu sewing story kali ini. masih banyak potongan kain lainnya yang ingin dikreasikan... :) bye

have a wonderful day!


18 comments:

  1. sukaa banget dengan gaya mba ayu menambah detail-detailnya. hasilnya jadi baguus. mba, ga kepengen nih bikin tutorial gimana ngambil foto seperti ini? (ngebujuk nih maksudnya) hehe. trus dimana ya bisa dapetin rivet button itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasiiiih mba shinta ^_^....
      iya tu, kan pengen buat artikel tentang craft photography, sekalian sama tutorialnya juga, insyaAllah sedang disiapkan...

      Delete
  2. kereeeen bangets tutonya juga hasilnya ^^b

    ReplyDelete
  3. makasiiiih mba dini.....^_^. hihihi bukan tuto si, cuma cerita aja... ^^

    ReplyDelete
  4. sist bisa minta info pesan" logo name produk" nya dmana y sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau label kulit yang saya gunakan itu juga ready made, mba. Kalau mau buat label dengan brand sendiri, bisa coba cek ke FB Indie Craft Label.

      Delete
    2. ya sist,,,mksih y sist infonya...sist buka PO lgi kpan sist?

      Delete
    3. rencananya awal tahun depan buka PO lagi...

      Delete
  5. hai mba ayu, tanya dong, itu tasnya di jual nggak? hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini udah dipakai sendiri mba, he he... ;)

      Delete
  6. Itu tali katunnya apa cukup kokoh untuk tas lebih besar? Kalo boleh tau di mana ada jual tali begitu ya Mba? Cara masang button-nya gmn? Trims! Saya selalu suka dgn tutorial dan gambar2nya :)

    ReplyDelete
  7. terimakasih kak, ^_^
    tali katunnya cukup kuat, tapi kalau untuk tas yang lebih besar lebih bagus yang ukuran lebar talinya lebih besar juga. saya belinya online dr korea, kalau kakak mau bisa ikutan pre order, sila cek FBnya Craftalova di sini untuk tali katun https://www.facebook.com/photo.php?fbid=463310050420937&l=bddf5e4535.
    kalau cara pasang rivet buttonnya pakai alat. saya pakai alat yang seperti batangan besi kecil, untuk melubangi kain, dimasukkan pasangan buttonnya dari dua arah lubang tersebut, lalu diketok dengan palu supaya nempel.

    ReplyDelete
  8. mbak ayuuu, sayamau tanya boleh??
    saya masih pemula nih mbak. mau tanya kalau mau masang 'rivet button' untuk menahan tali tas itu apa ada alatnya?
    kira-kira kalau dijahit biasa bisa kuat nggak mbak?

    mau tanya lagi mbak. heeehee
    benang yang cocok untuk menjahit tas itu apa ya?(jika dilihat dari kekuatannya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Diannn.... maaf baru liat ni komennya. hihihi... kayanya udah tau ya jawabannya... ^^
      pasang rivet button pakai alat seperti batangan besi.
      benang yang cocok utk menjahit tas, benang jahit biasa bisa seperti benang astra, benang nilon, benang quilt juga bisa.

      Delete
  9. Mba...
    Beli handle bag kulit seperti itu dimana ya? Bisa online kah?
    Trims sebElumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli online mba waktu itu di maymayshop malaysia, tapi sekarang udah banyak yang jual olshop lokal. coba di FB Craft Needs, Ida Haluana, Miss Dottie, dll. atau gabung di grup facebook Craftalova bisa tanya2 sesama member disana.

      Delete