22/04/2015

Forum Jual Beli Bahan dan Alat Craft


Akhir-akhir ini trend 'handmade' semakin meningkat, menurut analisa saya sih,,,, hehe...Hobi membuat sendiri tas dan kreasi kain lainnya makin digemari oleh kalangan wanita dan ibu-ibu. terutama yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. bahkan yang bekerja kantoran pun banyak yang meminati. Di sela kegiatannya sehari-hari, disempatkan untuk membuat kreasi macam-macam dari kain, seperti tas, dompet, sprei, sarung bantal, gorden, baju anak, dan lain sebagainya. Mesin jahit menjadi semacam benda wajib yang harus ada di rumah. minimal harus ada 1 mesin jahit portable atau mesin jahit hitam jadul. Namun terkadang ada kendala terhadap ketersediaan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk berkreasi. Di beberapa daerah toko dan tempat-tempat menjual kebutuhan bahan dan alat jahit tidak lengkap atau terlalu jauh, atau tidak tahu harus mencari kemana.
Selama mengikuti diskusi-diskusi para member di grup Facebook Craftalova Fabric Club, saya memperhatikan bahwa banyak sekali pertanyaan mengenai info alat dan bahan membuat tas handmade, terutama dimana bisa mendapatkannya dan siapa yang menjualnya. Oleh karena itu grup CFClub membuat lagi sebuah grup facebook yang khusus sebagai wadah untuk berjual beli kebutuhan alat dan bahan ini yaitu  Fabric and Craft Supply Market.  Jadi sesama member bisa saling memberi manfaat dan saling menguntungkan.
Rata-rata para member grup CFClub adalah para peminat tas atau dompet handmade dan kreasi kain lainnya seperti home decor, boneka, aksesoris, baju, mukena, dsb, di antara mereka ada juga yang menjual alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kain (kain katun, linen, kanvas, vinyl, laminating, dsb) perlengkapan membuat tas (seperti tali tas, risleting, komponen metal di tas, pelapis, lem kain, dsb) alat-alat menjahit ( mesin jahit, kompenin mesin jahit, sepatu mesin jahit, jarum, penggaris, dsb), perlengkapa untuk patchwork dan quilt, dsb. Tak hanya itu, di grup jual beli yang disingkat sebagai CFC Market ini pun bisa untuk promosi komersial lainnya seperti menjual hasil karya, menjual buku craft, produk-produk lainnya yang mendukung kita berkreasi, promo fanspage, info workshop, pameran, giveaway, dan lain sebagainya yang berbau komersial, karena di grup CFCLub sendiri tidak diperkenankan untuk posting promosi jualan, karena dikhususkan untuk tempat sharing ilmu dan inspirasi berkreasi saja.
Demi kelancaran aktivitas di grup CFC Market ini maka ada 4 orang admin lainnya selain saya yang akan membantu untuk memantau dan menangani grup yaitu: Ummu Uwais Toko UQ, Vinc Metta Utami, Elva Susianti, dan Nur Azizah.... dan tentu saja bagi yang sudah bergabung diharapkan jangan lupa membaca tata tertib grup yang telah dibuat dan menaatinya demi kenyamanan bersama.
Yuk ramaikan forum jual beli ini dengan cara bergabung di grup facebook CFClub Market. Para peminat handmade, cari kebutuhan berkreasimu di sini, dan yang punya lapak jualan bantu kemudahan para member lainnya mendapatkan info-info yang dibutuhkan.

klik di sini untuk bergabung https://www.facebook.com/groups/815962025161359/
tunggu diapprove/disetujui oleh para admin, apabila belum diapprove, bisa jadi akun facebookmu meragukan, seperti tak ada foto profile, akun baru dibuat, foto profil fb yang aneh2, nama akun yang alay, timeline/beranda yang isinya jualan semua, dsb. hubungi para admin jika belum diapprove tapi serius ingin masuk grup.

 Selamat bergabung...^^

7 comments:

  1. Wah, suka akhirnya ada grup yang memfasilitasi untuk beli bahan craft. Makasih, mbak Ayu. Salam kenal

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali ide nya ibu.. :) saya juga kesulitan mendapatkan bahan2 untuk membuat tas di kota pekanbaru. Terpaksa googling penjual online dan itu juga nemu nya susah. Karna saya gak tau nama alat nya itu apa. Boleh usul? Klo di bikinin group bbm nya jg boleh gak ya? Saya pengen gabung jg.. biar bisa nanya2 sama ibu2 semua. Saya masi baru belajar membuat tas nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih. tapi saya jarang pakai bb. ^^

      Delete
  3. mbak, aku mau buat tas untuk tempat matras yoga.. kira2 jenis bahan apa ya yg bagus? gak terlalu kaku tapi agak tebal tapi masih bisa udara masuk

    ReplyDelete
  4. Pas banget nih mbak, kebetulan lg cari bahan buat menyalurkan hobi baru, mg aja diapprove sm adminnya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete