05/04/2014

Craftalova Creative Challenge: Fat Quarter Fun


Ini challengenya sudah berakhir di FB grup Craftalova Fabric Club pada bulan Maret yang lalu, dari tanggal 1 - 22,  tapi reportasenya baru sekarang, hehehe.... ^^ Yup, kali ini challengenya adalah berkreasi dengan sepotong kain berukuran fat quarter. Fat quarter? apaan tu....

Istilah Fat Quarter (FQ) ini biasanya digunakan oleh para quilter untuk menyebut potongan kain segiempat yang berukuran 1/4 dari selembar kain yang panjangnya 1 m atau 1 yard. FQ biasanya berukuran lebar 56cm x panjang 50cm. Kadangkala lebarnya bervariasi tergantung lebar kain masing-masing kain yang diproduksi. Umumnya lebar kain antara 105cm - 160cm.  Gampangnya adalah selembar potongan kain 1 m (100cm) atau 1 yard (91,4cm) dibagi 4. Nah, 1/4 bagian itulah yang disebut dengan fat quarter. Mungkin dengan melihat bagan di bawah ini bisa lebih menjelaskan.
Jangan salah dengan ukuran regular 1/4 yang kurus (25cm x lebar kain), kalau FQ ukurannya lebih gemuk. Jangan juga meminta ukuran FQ kalau membeli bahan kain di toko kain lokal, ukuran kain FQ biasanya tersedia di toko yang khusus menjual perlengkapan menjahit patchwork dan quilt, atau bisa juga didapatkan di olshop yang menjual kain impor untuk kerajinan tangan. Tapi, kita sendiri bisa kok membuatnya, dengan kain 1 meter, tinggal kita bagi 4, maka kita akan mendapatkan FQ 4 buah.
Saya masih merasa kurang kompeten menjelaskan definisi FQ ini, sebaiknya kalau mau lebih jelasnya lagi silakan berkunjung ke blognya Sahabat Quilt Indonesia mengenai berbagai macam ukuran potongan kain untuk quilt.
Tapiii...,  untuk mengikuti tantangan di Craftalova Creative Challenge: Fat Quarter Fun yang lalu ini ga mesti menjadi seorang quilter, cuma pinjam istilah FQnya saja.
Nah, tantangannya adalah memanfaatkan 1 (satu) potong kain ukuran FQ semaksimal mungkin untuk membuat kreasi sesuai keinginan, boleh 1 atau 2 atau lebih, asal masih menggunakan 1 potong FQ tersebut. Untuk bagian dalam atau kombinasi dengan bahan lain, bebas asal tak mendominasi kain FQnya. Alhamdulillah banyak para member grup antusias menjawab tantangan ini. Banyak yang belum kenal dengan istilah FQ bahkan yang sudah akrab dengan FQ pun bersedia mengikuti challenge ini. 
Yang ga kalah seru....., ada hadiahnya juga untuk 3 orang pemenang untuk 3 kategori. Untuk para pemenang favorite dan lucky draw dapat hadiah keren dari sponsor challenge yang keren juga yaitu Sundae. Thanks to mba Dinda Candra Dewi as the owner of Sundae ^_^.... dan untuk pilihan admin hadiahnya dari Craftalova.
Ini dia hadiah penyemangat untuk para pemenang challenge:



dan inilah para pemenangnya:
Selamat kepada Raihana Mahmud, Ari Rusmawati, dan El Shinta Betria. Tak lupa terimakasih banyak kepada semua peserta challenge, dan para member lainnya yang turut memeriahkan dan memberi semangat. Well, semuanya adalah pemenang. Semua berhasil menaklukkan tantangan untuk berkomitmen memulai dan menyelesaikan sebuah kreasi dengan penuh semangat. Saya sangat menghargai itu. Semua hasil kreasi teman-teman peserta challenge sangat menginspirasi.

Dan inilah hasil kreasi cantik dari 49 peserta challenge:
Lengkapnya bisa dilihat di album grup di sini https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.685612394833363&type=1
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.685612394833363&type=1
Ternyata dari sepotong kain kecil, banyak yang bisa dibuat dan banyak ide yang bisa dikreasikan. Pengen nyoba juga berkreasi dengan sepotong FQ? nanti silakan, boleh dishare foto karyanya di grup ya.. ^_^

Oke, see you in the next challenge.... ;)



http://www.craftalovafabricclub.com/2016/05/craftalova-creative-challenge-fat.html

No comments:

Post a Comment